Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menonaktifkan WA dan Hapus Data WhatsApp Secara Permanen

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghapus akun WhatsApp kamu dan semua data terkaitnya di Andoid dan iOS.

 Whatsapp mendapat banyak kecaman sejak pembaruan terbaru tentang 'Persyaratan penggunaan' mereka. Ketentuan penggunaan baru memungkinkan WhatsApp untuk membagikan data pribadi yang eksklusif dan ekstensif dari pengguna ke server Facebook.

Risiko privasi potensial ini memaksa banyak pengguna untuk mencari aplikasi chatting alternatif. Dan jika Kamu juga mencari pengganti WhatsApp maka kami merekomendasikan 'Signal Messenger'.

4 Cara Menonaktifkan WA dan Hapus Data WhatsApp

Tapi tunggu dulu, bagaimana dengan akun Whatsapp lama kamu? Nah, inilah cara kamu dapat menghapus akun WhatsApp dan semua data terkaitnya.

Cara menonaktifkan dan menghapus akun Whatsapp

Kamu harus terlebih dahulu menghapus akun Whatsapp, sebelum dapat menghapus semua data WhatsApp di penyimpanan lokal serta yang disimpan di cloud. Karena akan menghapus akun kamu sendiri, Kamu tidak perlu mematikan cadangan cloud sebelum melanjutkan. Berukit tutorialnya

Menghapus WhatsApp di Android

  1. Buka Whatsapp dan ketuk ikon menu '3-titik' di sudut kanan atas layar kamu.
  2. Kemudian tap Pengaturan > Akun > Hapus Akun Saya.
  3. Masukkan nomor ponsel kamu yang terhubung dengan WA.
  4. Pilih alasan kamu menghapus WhatsApp.
  5. Terakhir, tap 'Hapus Akun Saya' lagi, dan akun WhatsApp kamu sekarang akan dihapus.

Menghapus WhatsApp di iOS/iPhone

  1. Buka aplikasi 'Whatsapp' di iPhone, tap Pengaturan dibagian bawah layar kamu.
  2. Kemudian tap Akun > Hapus Akun Saya > Masukan nomor teleponmu.
  3. Tap Hapus Akun Saya , lalu tap Next dipojok kanan atas.
  4. Terakhir, Tap 'Hapus Akun Saya' lagi untuk mengonfirmasi.

Setelah kamu menghapus WhatsApp, sekarang kamu dapat mencopot pemasangan aplikasi dan melanjutkan cara hapus WhatsApp secara permanen.

Bagaimana cara menghapus Data Whatsapp?

Ketika melihat ke data Whatsapp, hanya cadangan yang tersisa oleh aplikasi di penyimpanan lokal dan penyimpanan cloud kamu. Meskipun aplikasi iOS tidak menyimpan file secara lokal, tapi aplikasi Android menyimpannya. Mari kita lihat bagaimana kamu dapat membuang semua data ini setelah akun kamu dihapus.

Menghapus Data Whatsapp di Android

Caranya: Buka File manager > folder WhatsApp. Kamu sekarang akan melihat folder terpisah untuk data Whatsapp Kamu. Hapus backup dan database kamu. Cadangan menyimpan informasi obrolan dan begitu pula database kamu. Untuk 'Media', Kamu dapat memilih untuk menyimpan foto dan video yang tidak ingin dihapus.

Pastikan bahwa file telah dihapus dari sampah Manajer File kamu juga.

Menghapus Data WhatsApp di iOS

Cara menghapusnya dari iCloud: Buka aplikasi 'Pengaturan' di perangkat iOS kamu dan tap ID Apple di bagian atas. Tap dan pilih 'iCloud'. Lalu tap 'Kelola Penyimpanan' di bagian atas layar. Tap dan pilih 'Whatsapp Messenger > Hapus Data. Konfirmasikan pilihanmu dengan tap 'Hapus' lagi.

Sekarang data WhatsApp kamu telah berhasil dihapus secara permanen. Kami harap kamu dapat dengan mudah menghapus data WhatsApp kamu menggunakan tutorial ini. Bagikan artikel ini jika membantu dan bermanfaat!