Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Memori Penyimpanan Yang Selalu Penuh, Begini Cara Nya!

Bagi pengguna hp kentang atau hp menengah ke bawah pasti sering mengalami penyimpanan hp yang penuh, entah karena banyak menyimpan foto, game atau bahkan file-file yang tidak kita ketahui.

Terkadang kita sudah menghapus beberapa file namun penyimpanan masih saja penuh, kenapa bisa begitu? 

Cara mengatasi memori penyimpanan yang selalu penuh

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana jalan keluar nya atau apa yang harus kita lakukan, berikut langkah-langkah nya:

1. Menginstal aplikasi anti virus

Play store menyediakan banyak jenis aplikasi anti virus yang bisa kita gunakan, ada kine master, iManager atau yang lain nya.

Lewat aplikasi ini kita bisa mendeteksi apakah perangkat seluler kita terjangkit virus atau tidak.

Selain itu aplikasi seperti ini biasa nya juga bisa untuk menghapus data yang tidak berguna atau mengurangi pemakaian ram yang dapat membuat hp kita menjadi lebih ringan ketika dipakai.

2. Menu pengaturan

Menu setting atau menu pengaturan banyak sekali menyediakan tools atau alat yang bisa digunakan untuk banyak hal, salah satu nya untuk membersihkan file sampah yang membuat hp kita menjadi berat, langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan atau setting
  • Pilih aplikasi dan izin ( biasa nya ada di paling bawah )
  • Pilih pengelola aplikasi
  • Pilih salah satu aplikasi yang memiliki ukuran atau data besar ( contoh aplikasi youtube atau Whatsapp )
  • Kemudian klik penyimpanan internal
  • Pilih hapus cache
  • Selesai

Cache ini adalah sampah file atau aplikasi yang dapat kita hapus tanpa menggangu kinerja aplikasi itu sendiri.

3. Menghapus Data File Yang Tidak Penting

Terkadang kita sering tidak sadar ada file apa saja di hp kita, jika kita sering-sering membuka file manager atau galeri terkadang banyak sekali file yang tidak penting.

Bisa berupa foto, video, atau file suara yang banyak mengandung sampah file.

Kita bisa menghapus nya jika dirasa tidak penting. Apalagi buat cewek karena biasanya mereka menyimpan banyak sekali foto atau video yang mungkin sudah dalam waktu lama, nah kita bisa menghapus nya jika memang dirasa sudah tidak diinginkan.

Seberapa Penting Langkah Ini?

Penyimpanan yang selalu penuh dapat membuat kinerja hp menjadi lemot atau lama, menghapus file sampah atau yang tidak kita inginkan menjadi salah satu langkah jitu untuk mengatasi nya.

Namun jika beberapa langkah di atas masih tidak bisa mengatasi, mungkin teman-teman bisa mengganti atau membeli hp baru yang memiliki spesifikasi lebih bagus daripada yang sebelumnya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, jangan lupa untuk kembali saat kalian sedang mencari ide ide lain, karena pasti nya kami akan selalu update tentang semua hal yang sedang terjadi.