Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menggunakan Aplikasi Signal untuk Pemula

Jika kamu juga berpikir untuk meninggalkan WhatsApp untuk Signal atau hanya iseng bergabung saja, kamu mungkin membutuhkan tips menggunakan Signal ini

 Berkat pembaruan kebijakan WhatsApp, Signal menikmati lonjakan besar dalam basis penggunanya. Hampir setiap orang berpikir untuk pindah ke Signal, dan kami tidak bisa menyalahkan mereka karena berhati-hati.

Jika kamu juga berpikir untuk meninggalkan WhatsApp untuk Signal atau hanya iseng bergabung saja, Kamu pasti akan mendapat manfaat dari daftar trik dan tips yang membuat platform ini layak untuk direkomendasikan. Berikut beberapa tips untuk kamu mulai.

Cara Menggunakan Aplikasi Signal untuk Pemula

Kiat yang Harus Diketahui untuk menggunakan aplikasi Signal

Signal bukanlah benar-benar pengganti WhatsApp, tidak untuk jangka panjang. Itu tidak menawarkan sebagian besar fitur menyenangkan yang ditawarkan WhatsApp, tetapi juga tidak gagal untuk melancarkan percakapan kamu dengan doi :D. Baca lebih lanjut tentang Signal App

Berikut beberapa tips untuk membantumu dalam menggunakan Signal App:

1. Ubah foto profil Signal

Setelah kamu mengunduh, menginstal, dan menjalankan Signal, Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk verifikasi. Setelah memverifikasi, kamu dapat mengatur gambar profil langsung di awal atau langsung ke kotak masuk dan mulai chatting. Jika kamu telah melakukan yang terakhir, kamu mungkin merasa perlu menyetel foto profil cepat atau lambat.

Cara mengubah foto profil di Signal

Untuk mengatur gambar profil di Signal, pertama, ketuk gambar kecil gambar profil di sudut kiri atas kotak masuk Signal kamu. Ini akan membawamu ke halaman pengaturan di mana kamu akan melihat nama dan nomor kamu tepat di sebelah foto kosong. Ketuk foto kosong/ikon kamera. Di halaman berikutnya, ketuk lagi avatar abu-abu kamu. Terakhir, ambil foto saat itu juga atau pilih satu dari galeri hp dan tekan 'Simpan.'

2. Ubah nama kamu

Mirip dengan mengubah gambar profil, Kamu juga dapat mengubah nama di Signal. Dan karena nomor ponsel kamu adalah satu-satunya pengenal yang valid di Signal, Maka kamu dapat mengubah nama Signal sebanyak yang dinginkan.

Cara mengubah nama di Signal

Jika menggunakan Android atau iOS, Kamu dapat mengubah nama di Signal dengan beberapa ketukan sederhana. Setelah meluncurkan aplikasi, ketuk thumbnail gambar profil di sudut kiri atas untuk pergi ke halaman pengaturan profil. Atau, kamu dapat mengetuk ikon elipsis vertikal di sudut kanan atas kotak masuk dan klik ke 'Pengaturan.'

Pada halaman pengaturan profil, Kamu akan melihat nama dan nomor kamu di bagian atas, Tap pada nama kamu. Sekarang, ubah nama depan dan belakang kamu dan tap 'Simpan' untuk menyimpan perubahan.

3. Undang teman

Jika kamu memiliki teman dari anggota keluarga yang ingin menggunakan Signal yang lebih pribadi, pastikan meng-invite mereka untuk memasang aplikasi Signal ini.

Cara undang teman di Signal

Di perangkat iOS atau Android kamu, mengundang seseorang ke Signal semudah yang diinginkan. Pertama, Buka aplikasi dan menuju ke kotak masuk kamu. Sekarang, ketuk tombol elipsis vertikal di sudut kanan atas dan tekan 'Undang teman.'

Kamu kemudian dapat memilih untuk membagikan tautan yang dihasilkan secara langsung dengan kontak kamu melalui pesan teks konvensional. Atau, Kamu dapat mengetuk 'Pilih Cara Berbagi' dan memilih aplikasi yang ingin kamu gunakan, termasuk WhatsApp.

4. Ubah Tema

Signal bukanlah aplikasi yang menyenangkan secara estetika, tetapi pasti memiliki dasarnya. Ia menawarkan tema mode gelap untuk ponsel dan PC, yang tidak hanya membantu meningkatkan masa pakai baterai kamu tetapi juga mengurangi ketegangan pada mata kamu yang lelah.

Cara mengubah Tema di Signal

Pertama, Buka aplikasi Signal, ketuk menu elipsis vertikal di sudut kanan atas dan buka 'Pengaturan'. Pada halaman pengaturan profil, buka tab 'Penampilan'.Tema default akan disetel ke 'Default sistem'. Ubah tema menjadi 'Terang' atau 'Gelap' berdasarkan preferensi kamu.

5. Kirim undangan grup

Karena tidak ada cara yang sah untuk langsung membawa grup WhatsApp kamu ke Signal, tindakan terbaik adalah membuat grup dan membagikan tautan grup tersebut dengan peserta grup WhatsApp kamu saat ini.

Cara mengirimkan undangan ke Grup di Signal

Pertama, Buka aplikasi Signal di ponsel kamu dan pergi ke grup yang bersangkutan. Sekarang, ketuk tombol elipsis vertikal di sudut kanan atas jendela grup, dan buka 'Pengaturan grup'.

Di bawah opsi 'Permintaan & undangan anggota', Kamu akan melihat opsi 'Tautan grup'. Opsi tautan grup akan dimatikan secara default, jadi, kamu harus mengetuknya dan mengaktifkannya di layar berikutnya. Setelah tautan tersedia, ketuk 'Bagikan' dan pilih opsi 'Bagikan'.

Ini memungkinkan kamu untuk membagikan tautan undangan langsung dengan grup WhatsApp.

Nah, itulah beberapa tips dalam menggunakan aplikasi Signal untuk pemula. Mudah-mudahan dapat dipahami dan membantumu.

Jihan
Jihan Seorang penulis yang entusias dengan teknologi seperti gadget, game dan film.